Sebelum meloncat ke perbedaan kedua teknologi ini, kita akan ulas terlebih dahulu pengertian dan keunggulan masing-masing teknologi.

IP Phone

Ip phone adalah sebuah sistem telepon berbentuk perangkat keras yang menggunakan koneksi internet untuk mengirim dan menerima data suara. Tidak seperti telepon biasa yang menggunakan sambungan telepon rumah untuk mengirimkan sinyal analog, Fungsi Ip phone adalah untuk melakukan pembicaraan telepon melalui internet menggunakan router atau modem.

Ip phone pertama yang tersedia untuk umum tiba di pasaran pada awal 1995. Namun, dibandingkan dengan sistem telepon standar, kualitas audio rendah dan harganya sangat mahal.Sejak itu, teknologi telepon berbasis internet telah berkembang pesat. Ip phone sekarang menawarkan kualitas suara HD , biaya operasional yang lebih murah, dan fitur telepon bisnis yang canggih. Dan kebutuhan untuk investasi di muka hampir tidak ada.

ke unggulan IP Phone

  • Asalkan kita tetap terhubung pada jaringan internet, maka layanan panggilan suara yang kita lakukan akan selamanya gratis.
  • Karena internet bersifat global, komunikasi suara lewat VoIP tidak mengenal istilah lokal maupun internasional.
  • Jika dilihat dari penggunaan bandwidth, VoIP hanya memakai sekitar 8 kbps
  • Dengan adanya sebuah gateway, bentuk jaringan VoIP bisa tersambung dengan PABX yang ada di jaringan telepon biasa
  • Perangkat yang bisa terhubung dengan VoIP lebih bervariasi (smartphone, telepon, dan perangkat komputer)

 

Phone Analog

Analog phone adalah salah satu perangkat yang menggunakan teknologi yang memecah audio atau sinyal video (seperti suara atau televisi) ke dalam kode biner. Pada dasarnya, kode terdiri dari 1s dan 0s. Setelah diterjemahkan ke dalam kode biner, sinyal akan ditransfer ke ujung lain dari sebuah perangkat ke perangkat lain, baik berupa telepon, modem atau televisi. Perangkat penerima ini akan mengambil kode biner dan berkumpul kembali ke dalam sinyal asli. Ini artinya, sekali diterima, maka perangkat lain bisa menerjemahkan kode biner menjadi sinyal dari mana kode itu berasal dan mengirimkannya kembali ke ujung lain. Ini seperti tindakan berbalas.

Keunggulan Phone Analog

  • Jaringan telepon konvensional memiliki kecepatan transfer informasi suara yang lebih baik. Bisa dikatakan, telepon konvensional jauh lebih cepat 10 kali daripada jaringan suara digital.
  • Jaringan konvensional lebih bersifat fleksibel, dimana satu buah interface bisa digunakan untuk melakukan banyak panggilan.
  • Hanya membutuhkan satu terminal tunggal untuk audio atau video

Simulasi gambar perbedaan ip phone dan analog phone

Sumber Dari : barantum.com

Sumber Dari : septianatelkom.blogspot.com

IP Phone

Phone Analog

Apa perbedaan utama antara Telepon Digital vs Telepon Analog? 


✓ Sistem Analog Sistem telepon analog telah ada selama bertahun-tahun, mereka sangat handal dan tradisional. Sistem analog telah mendukung usaha selama beberapa dekade, analog dibangun di atas jalur tembaga dengan POTS. Ketika solusi analog tentang kualitas suara sangat efektif dan bahkan menggabungkan fitur dasar seperti, nada tunggu, redial, speed dial dan bisu. 

✓ Sistem Digital Sistem telepon digital jauh lebih modern. Sistem telepon digital yang dirancang untuk menggabungkan sejumlah besar fitur dan kemampuan. Digital berjalan melalui VoIP (Voice Over Internet Protocol), sistem digital dapat menggabungkan fitur seperti, nada tunggu musik, integrasi VoIP dan integrasi API.

Bagaimana Cara Kerja Ip phone?

Sistem Ip phone menggunakan Protokol Internet (IP) atau protokol digital lainnya untuk mentransfer komunikasi suara melalui internet. Jika Anda menggunakan sistem IP PBX , data ditransfer secara digital pada Jaringan Area Lokal (LAN), dan kemudian diubah menjadi sinyal suara analog dan dikirim ke PSTN. Namun, karena perangkat keras dan biaya pemasangan yang tinggi, IP PBX tidak lagi menjadi solusi terdepan.Hosted VoIP telah menjadi solusi Ip phone paling populer. Ini memungkinkan bisnis memanfaatkan fitur PBX canggih tanpa memasang perangkat keras di tempat.

Berikut adalah rincian cara kerja sistem VoIP :

Dengan VoIP yang dihosting, Ip phone Anda mengirimkan data digital melalui internet ke penyedia Anda. Penyedia Anda menangani perutean panggilan, antrean panggilan, dan semua hal lainnya di cloud.

Anda juga dapat menggunakan SIP trunking untuk menghubungkan IP PBX lawas ke penyedia VoIP modern untuk memanfaatkan fitur yang hilang.

Sekian penjelasan yang bisa saya berikan mengenai perbedaan ip phone dan analog phone. Terima kasih telah berkunjung ke website ini.