Perbedaan IP PBX dengan PABX?

Di era teknologi seperti saat sekarang ini makin banyak inovas-inovasi yang tentang teknologi yang makin canggih dan maju. Disini kita akan membahas seputar Telepon yang pasti kita tau banyak periperal-periperal didalamnya, mulai dari perangkat server telepon, telepon itu sendiri, line dll.

Di dalam lingkup telepon pasti kita sudah tau tentang server atau yang mengatur sistem kerja telepon. Nah disini ada dua jenis server yaitu IP PBX dan PABX. Apa itu IP PBX dan PABX? 

PABX atau Private Automatic Branch eXchange yaitu perangkat yang berfungsi sebagai Pemusatan telepon, dalam suatu lokasi tertentu, misalnya : kantor, gedung, perumahan, dll.
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).

IP PBX atau Internet Protocol Private Branch eXchange  adalah sistme telepon yang sudah dikembangkan menjadi sistem IP. IP PBX sendiri memberikan banyak keleluasaan dalam operasi pengembangan yang didalamnya mencangkup fitur-fitur komunikasi yang canggih. 
IP PBX dalam pengoperasiannya tidak menghilangkan sistem analog yang sudah ada dan masih tetap bisa dalam sistem kerjanya bisa dikombain dengan sistem analog sehingga dapat disimpulkan sistem yang ada dalam IP PBX ada dua yaitu digital dan analog.

Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler